Teknologi Semakin Maju, Makin Bermanfaat atau Makin Berbahaya?

 Teknologi Semakin Maju, Makin Bermanfaat atau Makin Berbahaya?

S

Teknologi, adalah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita semenjak era modern ini. Karena kemudahan akses yang di janjikan, teknologi yang modern semakin banyak dicari oleh masyarakat untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitas mereka sehari-hari, serta ada juga yang digunakan sebagai sarana hiburan semata. Tidak hanya dikalangan orang tua, pekerja, ataupun pegawai. Bahkan anak-anak pun kini telah bisa menggunakan sebuah teknologi yang biasa disebut dengan Smartphone. Teknologi merupakan suatu alat atau sarana yang disediakan untuk membantu pekerjaan manusia dengan mengubah sumber daya alam menjadi alat-alat yang sederhana namun tepat guna. Pada perkembangannya, teknologi dikembangkan dengan tujuan agar setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien. Teknologi pun terus dikembangkan hingga masuk kedalam aspek-aspek terkecil dari manusia.

Contoh dari perkembangan teknologi yang paling umum kita rasakan saat ini adalah adanya jasa “Ojek Online”. Jika sebelumnya, ketika kita ingin pergi ke suatu tempat tanpa menggunakan kendaraan pribadi, ojek merupakan pilihan kedua setelah angkot. Kita akan berjalan menuju pangkalan ojek, meminta untuk diantarkan ke tempat tujuan, kemudian membayar dengan tarif yang sudah ditentukan. Namun setelah adanya teknologi “Ojek Online”, kita tidak perlu lagi mendatangi pangkalan ojek untuk mendapatkan jasa tersebut. Hanya dengan membuka smartphone dan aplikasi, kemudian menghubunig “Ojek Online” tersebut, Driver akan menghampiri kita dan mengantarkan ke tempat yang kita inginkan.

Setelah adanya perkembangan yang lebih kompleks lagi, “Ojek Online” tidak hanya bisa mengantarkan pelanggan ke suatu tempat, namun juga bisa membawakan pesanan dari pelanggan. Pelanggan hanya tinggal memilih menu di aplikasi, memesan apa yang diinginkan, dan kemudian Driver akan mengantarkan pesanannya kerumah. Pelanggan tidak perlu repot-repot untuk datang ke lokasi dan memesan apa yang dia inginkan. Ditunggu dirumah pun, pesanannya bisa datang. Ini dapat memberikan manfaat berupa ke-efektifan dan ke-efisienan.

Namun, sadarkah bahwa dengan adanya kemudahan tersebut, muncul dampak negatif yang dapat merugikan para pengguna. Dampak negatif tersebut adalah pengguna menjadi semakin malas untuk berjalan keluar rumah atau pergi ke suatu tempat. Mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa “Ojek Online” untuk membeli makanan, membeli obat, dan lain-lain. Orang akan berkurang interaksinya dengan masyarakat lain, sehingga dia akan bersikap lebih individualistis. Selain itu, orang-orang yang bekerja sebagai tukang ojek pun kalah saing dengan “Ojek Online”, sehingga mereka terancam dapat kehilangan pekerjaannya. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan konflik antara tukang ojek dengan “Ojek Online”, karena para tukang ojek tidak terima pekerjaannya digantikan. Keadaan ini pun menimbulkan persoalan baru, yaitu timbulnya kesenjangan antara tukang ojek dengan “Ojek Online”. Banyak terjadi bentrok  antara tukang ojek dengan “Ojek Online” yang sampai saat ini masih sering kita temukan.

Dengan keadaan seperti ini, dampak yang dihasilkan dari perkembangan teknologi bukan hanya bersifat positif saja, melainkan juga timbul dampak negatif dibaliknya. Namun, bukan berarti perkembangan teknologi harus dihentikan, karena adanya bahaya yang datang serta dampak negatif yang ditimbulkan. Kita sebagai masyarakat harus memiliki sikap kritis dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dengan demikian, kejadian yang telah terjadi dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita akan pentingnya upaya pencegahan untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi. Kita pun bisa mengambil sikap dan langkah bijak untuk mengatasi dan mengurangi berbagai permasalahan yang timbul di sekitar kita.

Digiqole ad

adminpppmbm

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *