INVESTASI BESAR MASA DEPAN (PART 1)

 INVESTASI BESAR MASA DEPAN  (PART 1)

Kesehatan adalah investasi terbesar di masa depan. kita memiliki banyak mimpi dan target-target yang ingin diraih di masa depan, namun apa artinya jika tubuh kita sakit sehingga tidak mampu untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

            Dalam sudut pandang islam, kesehatan adalah salah satu nikmat yang seringkali dilupakan manusia. Dalilnya :

 نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

            Nah, berarti memiliki tubuh yang sehat itu penting ya sobat. Lalu bagaimana sih cara hidup sehat ?

            Kemenkes RI memiliki suatu program bernama GERMAS yaitu singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

            Ada 7 langkah GERMAS, diantaranya :

1. Melakukan Aktivitas Fisik

2. Mengonsumsi Sayur dan Buah

3. Tidak Merokok

4. Tidak Mengonsumsi Alkohol

5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin

6. Membersihkan Lingkungan

7. Menggunakan Jamban

            Dalam artikel kali ini kita akan fokus pada langkah pertama “Melakukan aktivitas fisik”. Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab utama dari penyakit tidak menular adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. PTM yang masih menjadi hantu di Indonesia antara lain seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan juga stroke.

            Padahal penyakit tersebut sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan harianmu.

            Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik, baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan – kemudahan dalam kehidupan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Bagian germas aktivitas fisik merupakan salah satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Secara umum aktivitas fisik dibagi menjadi tiga macam, yaitu aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik  dengan latihan, dan juga olahraga.

 Jenis Aktivitas Fisik

  1. Aktivitas fisik harian


Jenis aktivitas yang pertama ada dalam kehidupan Anda sehari-hari. Kegiatan sehari-hari dalam mengurus rumah bisa membantu Anda untuk membakar kalori yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Seperti misalnya adalah mencuci baju, mengepel, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, menyetrika, bermain dengan anak, dan sebagainya. Kalori yang terbakar bisa 50 – 200 kcal per kegiatan.

  1. Latihan fisik


            Latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terstruktur dan terencana           misalnya adalah jalan kaki, joggingpush up, peregangan, senam aerobik, bersepeda, dan sebagainya. Dilihat dari kegiatannya, latihan fisik memang seringkali disatukategorikan dengan olahraga.

  1. Olahraga
    Olahraga didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dengan tujuan tidak hanya untuk membuat tubuh jadi lebih bugar namun juga untuk mendapatkan prestasi. Yang termasuk dalam olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, berenang, dan sebagainya.

            Untuk mendapatkan hasil dari aktivitas fisik yang lebih maksimal direkomendasikan untuk melakukannya dengan prinsip BBTT yaitu Baik, Benar, Terukur, dan Teratur. Baik adalah melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuannya, benar adalah aktivitas yang dilakukan secara bertahap mulai dari pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan atau peregangan, terukur adalah aktivitas fisik yang diukur intensitas dan juga waktunya, dan yang terakhir adalah aktivitas fisik yang dilakukan 30 – 60 menit secara teratur sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

30 Menit aktifitas Fisik

Sekian semoga bermanfaat, nantikan pembahasan langkah GERMAS ke-2 di artikel berikutnya J.

Digiqole ad

adminpppmbm

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *